Mata Kuliah : Desain Pembelajaran
Dosen Pembimbing : Drs. Mustamin, M.Si
PENYUSUNAN
PROGRAM TAHUNAN DAN PROGRAM
SEMESTER
KELOMPOK
12
MU’MIN 1012100037
MU’TASIM 10121000
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
MAKASSAR
2012
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami
panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Sang Pencipta alam semesta,
manusia, dan kehidupan beserta
seperangkat aturannya, karena berkat limpahan rahmat, Taufik, hidayah serta
inayahnya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas DESAIN PEMBELAJARAN dengan
baik dan tidak kurang dari pada waktunya.
Adapun sumber-sumber
yang membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini antara lain dari berbagai
referensi buku-buku, dan pengambilan data dari situs-situs internet yang
berkaitan adalah yang menyangkut dengan judul makalah kami. Demikian pengantar
yang dapat kami sampaikan dimana kami pun sadar bahwasanya kami hanyalah
manusia yang tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, karena kesempurnaan
hanya milik Allah SWT hingga dalam penulisan dan penyusunannya masih jauh dari
kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan senantiasa
dinantikan dalam upaya evaluasi diri.
Akhirnya kami hanya
bisa berharap, bahwa dibalik ketidak sempurnaan penyusunan makalah ini akan
ditemukan sesuatu yang dapat memberikan manfaat atau bahkan hikmah bagi
penyusun, pembaca dan bagi seluruh Mahasiswa (i) Universitas Muslim Indonesia,
khususnya Mahasiswa Fakultas Agama Islam.
Wassalamu’alaikumWr.
Wb.
Makassar,
Desember 2012
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR ……………………................................................. i
DAFTAR ISI……………………………………………………………… ii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ………………………………………………… 1
B. Rumusan Masalah ……………………………………………... 1
C. Tujuan ………………………………………………………..... 1
BAB
II PEMBAHASAN
A. Pengertian Program Tahunan
……………………..................... 2
B. Langkah Penyusunan Program tahunan……………….………...... 3
C. Rencana Program Semester
…………………………………....... 7
D. Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester
.................... 9
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan …………………………………………………... 10
DAFTAR
PUSTAKA……………………………………….......................12
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Kita sebagai calon guru semestinya kita harus mengetahui tentang
perencanaan Untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran yang
efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satunya
adalah program satu tahun dan program semester yang harus disiapkan dalam suatu lembaga
pendidikan
Dengan adanya kebutuhan ini maka kami akan mencuplik agar kita semua bisa
mengetahui atas apa itu program tahunan dan program semester.
- Rumusan Masalah
1. Apakah program tahunan itu?
2. Bagaimana cara menyusun program tahunan?
3. Apa pengertian Rencana Program Semester
4. Bagaimana langkah-langkah Penyusunan Program Semester.
C. Tujuan
1. Untuk memahami pengertian program tahunan.
2. Untuk mengetahui cara menyusun program tahunan.
3. Untuk memahami pengertian program semester.
4. Untuk mengetahui langkah-langkah menyusun program semester.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Program Tahunan
Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang
menjelaskan tentang pengertian tersebut. Program tahunan adalah rencana
penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan KD)yang telah
ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar
yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa. penentuan
alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur
kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap
kelas , berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun
dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu
dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai ,
karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni
program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem
penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan
pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi
dasar , alokasi waktu dan keterangan.
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap
kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini
telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun
ajaran karena merupakan pedomkan bagi pengembangan program-program berikutnya.
B. Langkah Penyusunan Program tahunan
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan
adalah
a. Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam
seminggu dan struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah,
analisis berapa minggu efektif dalam satu semester, seperti yang telah
ditetapkandalam gambar alokasi waktu efektif
b. Melalaui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu
yang tersedia untuk pelaksanan proses pembelajaran.
c. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu
efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur
meliputi:
a) Jeda tengah semester
b) Jeda antar semester
c) Libur akhir tahun
pelajara
d) Hari libur keagaman
e) Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
f) Hari libur khusus
d. Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu
tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
e. Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata
pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai
ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut,
serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.
Sumber-sumber yang dapat dijadikan bahan pengembangan program tahunan
antara lain :
Daftar Standard Kompetensi sebagai konsensus nasional yang dikembangkan
dalam buku Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)setiap mata pelajaran
yang akan dikembangkan
Skope dan Sekuensi setiap Kompetensi untuk mencapai tujuan pembelajaran
diperlukan materi pembelajaran, materi pembelajara tersebut disusun dalam
pokok-pokok pembahasan yang mengandung ide-ide pokok yang sesuai kompetensi dan
tujuan pembelajaran .Skope adalah ruanglingkupdan batasan-batasan keluasan
setiap pokok dan sub pokok bahasan sedangkan Sekuesi adalah urutan logis
daripokok dan sub pokok bahasan. Pengembangan skope dan skuensi ini bias
dilakukan oleh masing – masing guru mata pelajaran, dan dapat dikembangkan
dalam kelompok kerja guru ( KKG ) untuk setiap mata pelajaran.
Kalender pendidikan penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun
pelajaran mengacu pada efesiensi, efektifitas dan hak-hak peserta didik.
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah :
............................
Mata Pelajaran : ...............................
Kelas/Program : ..............................
Tahun Ajaran : 2012-2013
NO.
|
NO. SK/KD
|
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
KET.
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4.
|
CONTOH PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN
2011/2012
Satuan
Pendidikan
: MAN
Mata
Pelajaran
: Qur’an
Hadits
Kelas
: X
Tahun
Pelajaran
: 2011/2012
Smt.
|
Jenis
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
||
X/I
|
1.Memahami
pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
|
6
|
|||
2.memahami isi pokok
ajaran al-qur’an
|
4
|
||||
3.Memahami
fungsi al-Qur’an dalam kehidupan
|
4
|
||||
4.Memahami
cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an
|
2
|
||||
5.Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah dibumi
|
6
|
||||
6.Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
|
2
|
||||
7.Ulangan
bulanan dan perbaikan
|
8
|
||||
Jumlah alokasi waktu
|
32
|
||||
X/II
|
1.Memahami
istilah-istilah Hadits
|
6
|
|||
2.Memahami
sanad dan matan hadits
|
4
|
||||
3.Mendeskripsikan
fungsi hadits terhadap Al-Qur’an
|
6
|
||||
4.Memahami
pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitasnya
|
4
|
||||
5.Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan beribadah
|
10
|
||||
Jumlah Alokasi Waktu
|
30
|
||||
Padang 26 oktober 2011
Mengetahui,
Kepala sekolah
Marjohan Hadidi
C. Rencana Program
Semester
Program semester ialah program yang berisikan garis-garis mengenai hal-hal
yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. Program semester ini
merupakan penjabaran dari program tahunan.
Pada umumnya komponen-komponen program semester ini yaitu: identifikasi
(satuan pendidikan, mata pelajaran, semester, tahun pelajaran), bulan, standar
kompetensi dan materi pokok yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan
dan keterangan-keterangan.
Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program
pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap
muka, praktikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai
kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.
Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu
satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing
program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri
sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester
yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil
program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak.
Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak
dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini
merupakan penjabaran dari program tahunan. Kalau program tahunan disusun untuk
menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka
dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan
pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.
Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan
yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.
Format untuk program
semesteran dapat dilihat pada halaman berikut ini.
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas :
Semester :
No
|
SK. KD
|
Alok. Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Dari format semesteran
di atas maka tampak jelas bahwa program ini pada dasarnya sebagai penjabaran
dari program tahunan. Cara pengisian program di atas adalah sebagai berikut:
a. Tentukan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin
dicapai. Dalam hal ini guru tidak perlu merumuskan SK dan KD, sebab semuanya
sudah ditentukan dalam Standar Isi (SI), yakni pada Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) yang sudah kita kenal , kecuali kalau kita memang diharuskan
merumskan SK dan KD sendiri, misalnya dalam merumuskan kurikulum Muatan Lokal
(Mulok).
b. Lihat program tahunan yang telah
kita susun untuk menentukan alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran setiap SK
dan KD itu.
c. Tentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan
dilaksanakan.
D. Langkah-langkah
Penyusunan Program Semester
a. Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester.
b. Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per
minggu untuk mata pelajaran.
c. Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada
kolom minggu dan bulan.
d. Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan
penjelasan.
BAB III
PENUTUP
- Kesimpulan
1. Secara garis besar, dapat diartikan bahwa peroram tahunan adalah rencana
penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan KD)yang telah
ditetapkan.
2. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan
adalah:
a. Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu
dan struktur kurikulum.
b. Melalaui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang
tersedia untuk pelaksanan proses pembelajaran.
c. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu
efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu).
d. Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun
dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
e. Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran.
3. Program semester ialah program yang berisikan garis-garis mengenai hal-hal
yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester.
4. Langkah-langkah Penyusunan Program Semester.
a. Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester.
b. Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per
minggu untuk mata pelajaran.
c. Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada
kolom minggu dan bulan.
d. Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan
penjelasan
DAFTAR PUSTAKA
Prof.H. Umar Hamalik, Kurikulum berbasis kompetensi. 2004. Bandung :
PT Rosda karya
Drs Darwyn Syah,M.Pd dkk. Perencanaan System Pengajaran Pendidikan Agama
Islam. 2007. Jakarta : Gaung Persada Perss.
Dr.Wina Sanjaya, M. Pd. Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran.
2008. Jakarta : Prenada Media Grup,
Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: PP no. 19 tahun
2005.
Mulyase, E. 2007. Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Mulyase, E. 2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Suharsimi Arikunto, Penilaian program pendidikan, Cet 1(Jakarta: PT.
BINA AKSARA, 1988)
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran,
Cet.3(Jakarta: Kencana, 2010), Hal. 52
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2008) Hal. 95
Ahmad sodiqiy & Djunaidatul Munawwarah, Modul Pengembangan Perangkat
pembelajaran PAI (Samarinda:T.tp, 2011) hal. 22
Ahmad sodiqiy & Djunaidatul Munawwarah, Modul Pengembangan Perangkat
pembelajaran PAI (Samarinda:T.tp, 2011) hal. 22-23
Tidak ada komentar:
Posting Komentar